Jumat, 14 September 2012

Manfaat Buah Sirsak

Buah Sirsak. Ya buah ini yang bernama latin Anonna Muricata dikenal juga dengan nama nangka sabrang, nangka londo, nangka buris dan di Bali lebih dikenal sebagai srikaya Jawa, kalau bahasa inggrisnya buah ini lebih dikenal dengan nama Sour sop.

berikut ini nama-nama buah sirsak yang beragam:

Corossol atau Anone (Prancis), Zurzaak (Belanda), Guanaabana (Spanish), Graviola (Portuguese), Brazillian Paw-paw.

Buah Sirsak merupakan buah yang sangat lezat dan mempunya banyak kandungan gizi dan pastinya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Khasiat pada umumnya buah sirsak ini memberikan efek anti tumor/kanker yang sangat kuat dan secara medis terbukti buah ini memberikan reaksi anti tumor/kanker dari seluruh jenis penyakit ini. Buah sirsak juga memberikan bukti manfaat berupa anti bakteri, anti jamur (fungi), efektif melawan ebrbagai parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi depresi stress dan menormalkan kembali sistem syaraf yang kurang baik.

Adapun kandungan dari buah sirsak adalah:
Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah dan 20 persen kulit buah serta 8,5 persen biji buah dan 4 persen inti buah. Setelah air kandungan gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu karbohidrat yang ada pada sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 -93,6 persen dari kandungan gula total.


Buah sirsak mengandung sedikit lemak hanya 0,3g/100g sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak merupakan asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat. Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C per orang perhari 60 mg Telah dapat terpenuhi hanya mengkonsumsi 300gr daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah sirsak merupakan anti oksidan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar